Motivasi Belajar
BELAJAR BAHASA ARAB PEMULA
            Bahasa Arab termasuk di antara bahasa-bahasa yang paling penting di dunia. Lebih dari 300 juta orang di lebih dari 20 negara berbicara bahasa Arab. Bahasa Afro-Asia ini berasal dari beberapa ribu tahun yang lalu. Awalnya hanya diucapkan di semenanjung Arab, bahasa ini kemudian tersebar luas. Terdapat banyak dialek bahasa Arab yang berbeda. Banyak dari dialek ini sangat berbeda dengan bahasa Arab standar. Penutur dari berbagai daerah seringkali tidak memahami satu sama lain sama sekali. Bahasa Arab Kuno hampir tidak digunakan lagi saat ini. Bahasa ini hanya masih ada terutama dalam bentuk tertulis. Ketertarikan dengan bahasa Arab telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini.
            Konon bahasa Arab   termasuk rumpun bahasa Semit dan merupakan salah satu bahasa tertua yang masih bertahan sejak hari ini. Sungguh bahasa Arab memang bahasa luar biasa.

            Tapi pada artikel ini kita tidak akan bicara terlalu luas tentang keutamaan bahasa Arab. Saya anggap anda yang membaca artikel ini sudah tahu sekali tentang keutamaan bahasa Arab. Jadi sekarang kita hanya akan focus membahas Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula.
            Banyak orang menganggap sistem penulisan bahasa Arab sangat menarik. Bahasa ini ditulis dari kanan ke kiri. Jika Anda ingin belajar bahasa Arab, maka Anda harus melakukannya dalam urutan tertentu. Pertama pengucapan, lalu tata bahasa, baru kemudian sistem penulisan. Jika Anda terus berpegang pada urutan ini, Anda pasti akan menikmatinya selagi belajar.

Perbanyak Hafalan Kosakata

            Kosakata bisa diibaratkan peluru yang keluar dari moncong senjata. Jika tidak punya hafalan kosakata ya bagaimana kita mau bicara ? Makanya aneh jika seorang ingin cepat menguasai bahasa Arab tapi malas menghafal kosakata. Padahal itu pokok, dan bahasa Arab sendiri terkenal dengan banyaknya antonim untuk setiap katanya.
            Mulailah dengan menghafal kata benda yang ada di sekeliling kita. Mulai dari sekeliling kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi, sekolah, pasar dan lain sebagainya.
            Adapun untuk kata kerja  bahasa Arab (fi'il), sebaiknya anda batasi dulu jumlahnya. Hal ini karena kata kerja dalam bahasa Arab memiliki tingkat kesulitan yang cukup lumayan. Terutama pada tashrif atau perubahan struktur kata yang dipengaruhi oleh kata ganti (dhomir) dan lain-lain.

Cari Komunitas Berbahasa

            Karena kita tinggal di negara non Arab, tentunya agak sulit mendapatkan orang yang bisa kita ajak untuk bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Arab. Di sinilah akan terasa sekali manfaatnya berkomunitas. Mulai dari sekedar sebagai teman bicara, sharing sampai bertanya hal-hal yang belum kita fahami tentang bahasa Arab. Di zaman moderen ini, medsos dan media semisalnya mungkin bisa menjadi solusi untuk mendapatkan komunitas   

Gunakan Buku Bahasa Arab Untuk Non Arab

            Dewasa ini sudah banyak buku pelajaran bahasa Arab yang didesain khusus untuk mereka yang bukan orang Arab. Buku jenis ini sangat dianjurkan karena lebih mudah difahami daripada buku-buku pelajaran bahasa Arab biasa. Biasanya dalam buku jenis ini pula, anda akan lebih diajak mengerahkan semua komponen kecerdasan berbahasa. Mulai dari mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Semua itu merupakan komponen penting.
Anda dapat memelih buku pelajaran seperti Durusul Lughoh Gontor, Silsilah Al Arobiyah Baina Yadaik, Durusul Lughoh Universitas Islam Madinah, Silsilah ta’lim lughoh Al Arobiyah dan yang lainnya.

Belajar Bahasa Arab Pada Seorang Guru

            Walaupun kata orang belajar tidak selalunya harus bersama guru, tapi saya tetap menyarankan anda untuk memiliki seorang guru. Usakan cari guru yang memiliki kapasitas yang cukup mumpuni serta memiliki pengalaman mengajarkan bahasa Arab. Jika tidak bisa, anda juga dapat menjadikan teman anda yang mungkin lebih pandai sebagai seorang guru atau sekedar sharing. Dengan adanya seorang guru itu akan sangat membantu anda jika anda kesulitan.
Mulai Praktik
Ketika anda mendapatkan pelajaran bahasa Arab anda yang pertama, maka saat itupula anda harus mempraktikannya. Anda dapat memulai praktik dengan cara fahami, tirukan dan modifikasi. Ya, jadi fahamilah pelajaran yang anda baca dan mulailah menghafalnya untuk meniru. Setelah itu baru anda dapat memodifikasinya sesuai dengan yang anda kehendaki.
            Oke, mungkin itu saja beberapa tips atau Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula. Dari sekian poin yang saya sebutkan sebenarnya ada point penting yang sengaja tidak saya sebutkan. Yaitu niat dan kemuan yang tinggi. Niat yang tulus dan kemauan yang tinggi adalah titik tolak dimana seseorang akan mulai melangkah. Jadi kuatkan dulu niat dan kemauan anda baru mulailah b
elajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Bahasa Arab Sehari-hari